Sukses

TNI AU: Mesin Pesawat Latih yang Jatuh Diduga Mati di Udara

Sebuah pesawat latih jatuh di perairan Batam, Kepulauan Riau. Tidak ada korban jiwa.

Sebuah pesawat latih jenis PK-KFC milik Sekolah Penerbangan Flybest jatuh perairan di Numbing, Batam, Kepulauan Riau. Akibatnya pesawat mengalami rusak berat.

Peristiwa itu bermula saat pesawat yang ditumpangi pilot Lidya Rosep dan kopilot Ki Agus Nabil tebang dari Mantang menuju Tanjung Uban, Batam.

"Misinya training jam 6 itu take off dari Mantang," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Kolonel Supriyadi saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (12/9/2013).

Namun, saat tiba di kawasan Numbing, pesawat mengalami keadaan emergency. Pilot dan kopilot tidak bisa mengendalikan pesawat. Sampai akhirnya jatuh ke laut.

"Tidak ada korban, pilot dan instrukturnya bisa keluar dengan selamat. Pesawatnya rusak karena impact jadi terbalik," terangnya.

Dirinya belum mengetahui penyebab pasti pesawat latih itu jatuh. Sejauh ini, pihaknya telah membentuk tim investigasi untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat.

"Kalau melihat kecelakaannya, tidak ada kebakaran. Kemungkinan sudah mati dari atas. Jadi tidak ada ledakan. Jadi ini pesawatnya sudah mati dari atas," tandasnya. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.