Sukses

Saldi Ungkap Misteri Sertifikat Tanah Anis Matta di Tas Fathanah

Sertifikat tersebut disita KPK saat operasi tangkap tangan Fathanah pada 29 Januari lalu.

Ahmad Fathanah diketahui pernah akan membeli sertifikat tanah milik istri Presiden Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta. Tanah di kawasan Pondok Gede itu rencananya akan dibangun town house.

Hal tersebut disampaikan adik kandung Anis Matta, Saldi Matta, saat bersaksi untuk terdakwa suap impor daging sapi dan pencucian uang Ahmad Fathanah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (12/9/2013).

"Iya, itu punya kakak ipar saya. Punya kakak ipar saya yang pegang, ada 9 sertifikat," kata Saldi Matta.

Saldi menjelaskan, Fathanah membeli sertifikat-sertifikat itu karena ingin ikut dalam proyek town house di Pondok Gede. "Itu (sertifikat) dititipkan ke terdakwa karena terdakwa mau beli," ujar dia.

Namun kini, sertifikat tersebut disita KPK saat operasi tangkap tangan Fathanah pada 29 Januari lalu. Saat disita, sertifikat berada dalam tas milik Fathanah.

"Disita yang disita KPK dari terdakwa. Karena ada keluarga yang tinggal ke terdakwa," ujar dia.

Ia menambahkan sebelum kejadian itu, Saldi telah meratakan tanah agar layak untuk pembangunan town house tersebut. "Sudah saya urug untuk bikin cluster, saya sudah tembok dan drainase sudah dibuat, ini akan dibangun town house," jelas dia. (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.