Sukses

Tak Jujur Bersaksi, Adik Presiden PKS Ditegur Hakim

Majelis hakim mengingatkan Saldi Matta jujur saat ditanya soal peminjaman uang kepada Ahmad Fathanah.

Kesaksian Saldi Matta membuat geram hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Adik kandung Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta itu dinilai tak jujur dalam memberikan keterangan sebagai saksi untuk terdakwa Ahmad Fathanah.

"Anda jujur atau tidak kami tahu dari bahasa tubuh Anda, kami ingatkan, Anda memberi keterangan di bawah sumpah," tegas Ketua Majelis Hakim Nawawi Pongolango di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Mendapat peringatan tersebut, Saldi langsung menampik bila dirinya telah memberikan keterangan tidak benar alias palsu. "Saya sudah disumpah, saya jujur, saya punya istri dan anak," jawab Saldi meyakinkan majelis hakim.

Hakim Nawawi pun mengingatkan kepada Saldi agar memberikan keterangan yang sebenarnya dan tidak berbelit-belit. "Ini jangan seperti penjelasan politisi," ucapnya.

Selain itu, majelis hakim pun kembali mengingatkan agar Saldi jujur saat ditanya soal peminjaman uang Ahmad Fathanah. Namun karena tak jelas, hakim mempersilakan Jaksa Penuntut Umum untuk bertanya kepada Saldi.

Saat jaksa dari KPK itu menyambung pertanyaan hakim, apa alasan Saldi mau meminjami Fathanah sejumlah uang berkali-kali. Hakim pun meminta agar Jaksa tak bertanya hal serupa, lantaran saksi kerap berkelit.

"Hati-hati ucapkan sumpah, seperti Anda (Saldi) tadi bilang punya anak istri. Soal uang pinjaman, jadi Anda (JPU) orang kedua yang bingung. Biarin saja keterangan dia (Saldi)," timpal hakim.

"Kita sudah ingetin tentang sumpah (kepada saksi). Tanya yang lain saja," perintah Nawawi kepada Jaksa. (Ary/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini