Sukses

Nami Kaze: Komunitas Jepang Pertama di Magelang

Komunitas Nami Kaze adalah wadah bagi para pencinta hal-hal yang berhubungan dengan Jepang.

Citizen6, Magelang: Komunitas Nami Kaze adalah wadah bagi para pencinta hal-hal yang berhubungan dengan Jepang. Namikaze sendiri berasal dari bahasa Jepang yang mempunyai arti gelombang dan angin.

Nami Kaze merupakan komunitas Jepang pertama di Magelang, yang berdiri pada 20 Februari 2009. Saat awal berdiri, di Kota Magelang belum terdapat komunitas yang berhubungan dengan Jepang. Namun seiring perkembangannya, komunitas ini telah mempunyai 2 cabang di 2 kota, yaitu Jogjakarta dan Salatiga. Kini komunitas Nami Kaze berjumlah 200 lebih anggota.

Tujuan Komunitas Nami Kaze terbagi menjadi 2 bagian, yakni tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Untuk tujuan jangka panjangnya, komunitas ini mengadakan event atau j-fest pertama di Kota Magelang, sedangkan jangka pendeknya, memperkenalkan kebudayaan Jepang pada masyarakat luas, khususnya masyarakat Magelang.

Untuk visi dan misi dari Komunitas namikaze sendiri adalah menjadikan trendsetter atau pembuat tren yang akan ditiru oleh banyak orang, khususnya bagi masyarakat Kota Magelang.

Bagi sebagian orang mungkin kebudayaan Jepang itu aneh, padahal kebudayaan Jepang itu sangat unik dan menarik untuk dipelajari. Oleh karena itu sebagai japanholic, komunitas ini ingin memperkenalkan kebudayaan Jepang yang penuh dengan keunikan. Baik itu dengan menyebarkan  virus musik, movie, custom, dan kebudayaan tentang Jepang maupun menjalin persahabatan dan persaudaraan di antara pecinta kebudayaan Jepang.

Komunitas Nami Kaze sendiri dikenal oleh masyarakat luas sebagai team J-Fashion atau Harajuku. Mereka selalu memperbaharui perkembangan mode Harajuku. J-Fashion Nami Kaze memiliki beberapa koleksi kostum, di antaranya Lolita, Gothic Vamp, Yukata, Visual Kei, J-Idol, J-Dol, Cyber-Kei, Takuya Angel, Decora (Doki-doki), Ningyo, Gakuran, Wa-Lolita, Harajuku Batik, Original Asia, Kimono Batik, dan Elegant Gothic Aristocrat.

Sejumlah event pun telah mereka ikuti. Sebut saja di antaranya adalah Tribute L'arc En Ciel 2013 di Jogjakarta, SCF "Solo Costume Festival" di Solo 2013, Vokasi Mei Matsuri 2013 di Vokasi UGM Yogyakarta 2013, dan Juara III J-Fashion Vokasi Mei Matsuri 2013. (Yayuk Wahyuningsih/Mar)

Yayuk Wahyuningsih adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan,wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 10-20 September ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Komunitasku Keren!". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.