Sukses

[VIDEO] Pengantar Calon Jemaah Haji di NTB Membludak

Pemberangkatan calon jemaah haji berlangsung semarak di berbagai daerah dan diwarnai dengan membludaknya pengantar.

Pemberangkatan jemaah haji berlangsung semarak di berbagai daerah dan diwarnai dengan membludaknya pengantar haji. Di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pemberangkatan jemaah haji diwarnai saling dorong antara petugas dengan para pengantar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV Kamis (12/9/2013), keluarga jemaah haji rupanya tidak ingin melewatkan kesempatan bertemu dengan kerabat yang akan berangkat menunaikan ibadah di Tanah Suci. Ribuan para penghantar haji membludak mulai dari asrama haji hingga ke bandara.

Di Kabupaten Lombok Tengah, misalnya, petugas keamanan sampai kerepotan untuk mengatur para jemaah yang akan mengikuti acara pelepasan dan pembekalan.

Petugas pun memutuskan, seluruh pengantar dilarang memasuki ruang pembekalan. Hingga Kamis, 3 kloter jemaah haji asal NTB diberangkatkan melalui Bandara Internasional Lombok. Tahun ini 3.500 warga NTB akan bertolak menuju Tanah Suci, mulai 9 September hingga 5 November.

Sementara itu, Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umroh Kementerian Agama meluncurkan layanan perbankan haji. Layanan itu untuk mengantisipasi tindak kejahatan terhadap jemaah haji Indonesia di Tanah Suci.

Dengan layanan jasa keamanan bank, para jemaah haji cukup menyimpan uang di bank dan tidak perlu di tas. Bila ada keperluan, jemaah tinggal mengambilnya di ATM. Peluncuran layanan tersebut digelar saat acara pelepasan jemaah haji kloter 5 asal Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pada 2012 terjadi 260 lebih kasus pencurian terhadap jemaah Indonesia dengan kerugian mencapai Rp 660 juta lebih. Angka pencurian dan kejahatan paling tinggi terjadi di Kota Mekah. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini