Sukses

[VIDEO] Pesawat Latih Canggih Jet T50i Korsel Tiba di Indonesia

Pesawat canggih bermesin jet tunggal dengan awak 2 orang itu dan kecepatan jelajahnya 1,5 kali kecepatan suara.

TNI Angkatan Udara menerima 2 unit jet tempur Latih T-50i Golden Eagle yang dipesan dari Korea Selatan. Pesawat itu akan menjadi pesawat latih tempur menggantikan Jet Tempur A-4 Sky Hawk M-K 53 yang telah berumur 30 tahun lebih.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Kamis (12/9/2013), 2 unit jet tempur latih T-50i Golden Eagle buatan Korean Aerospace Iindustries diapit 2 Jet Tempur A 4 Skyhawk TNI Angkatan Udara melakukan fly pass di atas pangkalan udara Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur. 2 Pesawat itu adalah bagian dari 1 skuadron atau 16 unit T 50 i pesanan TNI Angkatan Udara.

Pesawat bermesin jet tunggal dengan awak 2 orang itu termasuk jet latih tempur canggih. Kecepatan jelajahnya pun bisa mencapai 1,5 kali kecepatan suara.

"Jadi Pesawat T50 i ini sangat canggih bisa dikatakan adiknya Pesawat F 16 bisa fly by wire," kata Pangkoops II TNI AU, Marsekal Muda Agus Supriatna.

Pesawat latih tempur T50 i Golden Eagle merupakan hasil kerjasama Korea Selatan-Amerika Serikat itu nantinya akan menggantikan A4 Skyhawk TNI AU yang telah dioperasikan sejak tahun 1980. Para instruktur TNI AU pun telah mempelajari pengoperasian pesawat itu. Kerjasama antara Kementrian Pertahanan Indonesia dan Korea Selatan itu nantinya akan mengembangkan pesawat itu agar bisa dibuat di Indonesia. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini