Sukses

Menlu: Pemerintah Suriah Sepakati 3 Solusi Damai Indonesia

""Suriah menerima usulan Indonesia, hentikan kekerasan, bantuan kemanusiaan, dan proses politik yang transparan," ujar Marty.

Konflik di Suriah yang berkepanjangan yang mengakibatkan puluhan ribu warga tewas menjadi perhatian serius dunia internasional. Terlebih, konflik itu melibatkan penggunaan senjata kimia pemusnah massal.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengungkapkan Indonesia terus memonitor perkembangan di Suriah dan meminta agar konflik di sana bisa diselesaikan secara damai tidak menggunakan kekuatan militer. dalam Dal ini, lanjut Marty ada 3 usulan yang diajukan pemerintah Indonesia kepada Suriah.

"Suriah menerima usulan Indonesia, pertama, hentikan kekerasan. Kedua, bantuan kemanusiaan, ketiga proses politik yang transparan," ujar Marty di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Marty menuturkan Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Muallem juga telah menghubungi dirinya yang mengonfirmasi kesediaan Suriah untuk menerima usulan Indonesia itu.

"Kami tadi sudah berbicara dengan Menlu Suria melalui telepon isinya menindaklanjuti surat Presiden SBY kepada Presiden Assad yang dikirimkan beberapa waktu lalu. Dan intinya menekankan pula kembali perlunya penyelesaian masalah Suriah diselesaikan melalui jalur politik damai dengan dialog dan beliau setuju dengan itu," tutur Marty.

Namun Marty menjelaskan, Pemerintah Suriah juga minta Pemerintah Indonesia untuk terus berkomunikasi untuk mewujudkan dan merealisasikan jalur damai terkait permasalahan yang terjadi saat ini.

"Dan kiranya dia meminta agar Indonesia berkomunikasi dengan beliau untuk melaksanakan agenda itu," tukas Marty. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.