Sukses

Korsel Melarang Impor Daging Sapi AS

Larangan itu dikeluarkan pemerintah Korsel menyusul kasus sapi gila di Amerika Serikat. Daging olahan asal AS yang telanjur diimpor disita dan dikarantina di gudang milik pemerintah.

Liputan6.com, Seoul: Pemerintah Korea Selatan, baru-baru ini, melarang impor segala bentuk daging sapi asal Amerika Serikat, termasuk produk olahannya. Larangan itu dikeluarkan menyusul kasus sapi gila di negeri Adi Daya tersebut. Bahkan pemerintah Korsel telah menggudangkan daging sapi AS yang telanjur diimpor. Alhasil, sekitar 500 ton daging sapi olahan dari AS teronggok di 14 gudang karantina milik pemerintah.

Pemerintah Korsel pun memberikan pengamanan khusus untuk mencegah daging karantina tersebut keluar dari gudang. Mereka juga tengah melacak jumlah tepat dari daging sapi asal AS yang masih beredar. Daging yang dikarantina berupa daging sapi olahan, daging isi, otak, jeroan serta tulang sapi yang semuanya diklasifikasikan sebagai bahan yang tercemar.

Selain melarang impor daging sapi AS, Korsel juga telah memberlakukan larangan impor daging sapi dari Inggris, Jepang, Prancis, Kanada, dan 15 negara lainnya. Akibatnya, kini hanya ada daging sapi asal Australia yang menjadi pilihan utama konsumen di Negeri Ginseng.

Langkah serupa juga akan dilakukan pemerintah Indonesia [baca: Indonesia Melarang Impor Daging Sapi AS]. Larangan impor daging sapi AS ini akan diumumkan secara resmi oleh Menteri Pertanian Bungaran Saragih pada Senin mendatang. Kepala Badan Karantina Pertanian Departemen Pertanian Budi Tri Akoso mengatakan, sejak Kamis kemarin, pemerintah telah memperketat pengawasan impor produk asal AS ke berbagai wilayah di Tanah Air.(DEN/Yumi Uriona)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini