Sukses

Dul Kecelakaan Maut, Polisi Razia Pelajar Bermotor

Pascakecelakaan yang melibatkan AQJ (13) alias Dul, anak musisi Ahmad Dhani, Polsek Tambora melakukan razia kendaraan para pelajar.

Pascakecelakaan yang melibatkan AQJ (13) alias Dul, anak musisi Ahmad Dhani, Polsek Tambora melakukan razia kendaraan pribadi. Polisi menjaring kendaraan yang dikemudikan pelajar di Jalan Raya KH Muhammad Mansyur, Tambora, Jakarta Barat. Target utamanya, anak di bawah umur.

Kepala Unit Lantas Polsek Tambora, AKP Budi Harsono mengatakan, sebanyak puluhan pelajar dari berbagai sekolah ditilang petugas lantaran melanggar aturan pada saat mengendarai sepeda motor.

"Para pelajar kebanyakan tidak memakai helm, surat-suratnya juga tidak lengkap. Ada juga yang berboncengan lebih dari 2 orang," kata Budi ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Tak hanya menilang puluhan pelajar, polisi juga menahan sedikitnya 15 anak sekolah yang kedapatan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). "15 pelajar tidak memiliki SIM kita tahan sementara di Polsek Tambora. Selanjutnya setelah orangtua mereka datang kita beri imbauan dan kita lepaskan," jelas Budi.

Usai menilang puluhan pelajar yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas itu, kepolisian juga memberikan peringatan, imbauan, dan penyuluhan di sekolah-sekolah.

"Kita kasih penyuluhan ke sekolah-sekolah juga, agar pihak sekolah juga memonitor anak didiknya," ujar Budi.

Razia tersebut, lanjut Budi, sengaja dilakukan pihaknya untuk memberi peringatan kepada para pelajar agar tertib berlalu lintas pascakecelakaan maut yang menewaskan sedikitnya 6 orang di KM 8-200 Tol Jagorawi, Minggu 8 September lalu.

"Kita melihat kejadian-kejadian sebelumnya banyak insiden kecelakaan termasuk terkait anaknya Ahmad Dhani, untuk itu kita coba antisipasi," tutup Budi. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.