Sukses

Pemprov DKI Rombak Pasar Benhil Jadi Modern

Pemprov DKI Jakarta akan mengubah Pasar Benhil yang berada di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, menjadi pasar modern.

Pemprov DKI Jakarta akan mengubah Pasar Benhil yang berada di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Pasar itu akan dirombak menjadi pasar modern.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan PD Pasar Jaya akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk membangun hotel dan perkantoran di lokasi pasar tersebut, kemudian di bagian bawah nanti dibangun Pasar Benhil yang lebih baik dan nyaman untuk masyarakat.

"Pasar Benhil dirombak jadi modern, tapi di bawahnya untuk PKL gratis. PKL nya bisa bayar harian saja di situ. Tapi sepanjang kali Krukutnya harus dibuat bening dulu," ujar pria yang kerap disapa Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Ia mengatakan saat ini rencana tersebut telah disetujui dan akan mulai dikerjakan secara bertahap. Penghitungan jumlah PKL yang dapat ditampung Pasar Benhil modern itu juga sudah dilakukan. Hasilnya semua PKL yang sudah lama berjualan di pasar tersebut dapat masuk ke dalam pasar yang baru. "Semua sudah dihitung sih, pas sepasarnya, dibangun ke atas," kata Ahok.

Ahok juga menyatakan, pihak swasta yang akan bekerja sama dengan PD Pasar Jaya dipilih melalui sistem tender. Rencana tersebut sebenarnya telah disetujui sejak Fauzi Bowo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Gubernur Joko Widodo dan dirinya saat ini tinggal merealisasikan pembangunan pasar modern tersebut.

"Saya enggak tahu (swastanya). Yang punya apartemen di depannya itu kalau enggak salah. Dia sudah punya apartemen di situ, makanya berani gabungin. Sebelum kami masuk, sudah disetujui Pak Fauzi Bowo waktu itu," tukas Ahok. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini