Sukses

Jemaah Haji Berangkat dari Halim, Jokowi Puji Pemerintah Pusat

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bersama Menteri Agama Suryadharma Ali melepas para jemaah haji di Lanud Halim Perdana Kusuma.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memuji kebijakan pemerintah pusat yang menjadikan Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma sebagai lokasi pemberangkataan jemaah Haji untuk wilayah DKI Jakarta dan Bekasi. Dengan menambah lokasi pemberangkatan upaya pemberangkatan jemaah akan lebih efektif.

"Justru bagus. Dengan dipindahkan di sini, berarti tidak perlu lagi repot-repot sampai ke Soekarno-Hatta," ujar Jokowi usai melepas kloter pertama Jemaah Haji Jakarta di Lanud Halim Perdana Kusuma, Selasa, (10/9/2013).

"Kalau dari sini kan jauh lebih cepat. Kalau dari asrama Haji Pondok Gede hanya 10 menit. Dari Bekasi hanya 30 menit. Selain lebih cepat, kan jamaah juga tidak terlalu lelah," imbuh mantan Walikota Solo itu.

Selain itu, pembagian lokasi pemberangkatan jemaah haji dapat mengurangi kepadatan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta. Terlebih Bandara Soekarno-Hatta sangat padat, melayani hampir 50% penerbangan di Indonesia.

Dengan pembagian pemberangkatan jemaah haji ini, kepadatan akan berkurang sehingga jadwal pemberangkatan dapat lebih teratur dan mengurangi risiko keterlambatan.

"Di Bandara Soekarno-Hatta, orang mau naik pesawat saja ngantre. Berdesak-desakan. Lebih bagus dibagi seperti ini. Jadinya di sana pun tidak terlalu crowded jemaah hajinya," ucap Jokowi.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, mulai tahun ini, pihaknya bersama dengan TNI AU berkomitmen untuk menjadikan Lanud Halim Perdana Kusuma sebagai salah satu lokasi pemberangkatan jemaah haji selain Bandara Soekarno-Hatta.

"Kita telah sepakat, untuk jamaah dari Jakarta sebagian juga Bekasi akan berangkat dari Halim. Ini kan juga dampaknya cukup baik. Jalanan juga tidak terlalu macet," kata Suryadharma.

Selain itu, dipilihnya Halim dikarenakan untuk mempermudah lalu lintas penerbangan terlebih dibanding Soekarno-Hatta, Lanud Halim jauh lebih lengang.

"Lihat saja dari sisi lalu lintas atau traffic udara di Soekarno-Hatta kan sudah terlalu padat. Karena itu setelah berkoordinasi dengan Kepala Lanud Halim, Angkasa Pura, kita sepakat. Menjadikan sebagai lokasi pemberangkatan," tutup Suryadharma. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini