Jelang 1 Tahun Bersama Jokowi, Ahok: Itu Baru Namanya Pemimpin

By Andi Muttya Keteng

on Sep 10, 2013 at 10:13 WIB

Pada Oktober 2012 lalu, Jokowi dan Ahok dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sebulan lagi, tepat setahun mereka menjabat sebagai orang nomor 1 dan 2 di DKI.

Ahok yang bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan pendapatnya mengenai kepemimpinan Jokowi selama 11 bulan memimpin Jakarta. Ia pun memuji pasangannya yang merupakan kader PDIP itu sebagai pemimpin yang baik.

"Ya bagus. Saya bisa sampai hari ini karena beliau kan? Beliau (Jokowi) ngarahin gini-gini. Itu baru pemimpin dong. Dia bisa ngatur orang kerja kan pemimpin. Dia bisa ngatur wakilnya kerja buat dia kan berarti pemimpin dong," kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Menurut dia, sosok yang sering cekcok atau berkonflik dengan staf maupun wakilnya berarti tidak dapat memimpin dengan baik. Sebab pemimpin yang hebat adalah yang bisa mengarahkan wakil serta jajarannya untuk bekerja dengan ikhlas, dan tidak merasa terbebani. Dan ia menilai Jokowi mampu menerapkan itu di Pemprov DKI.

"Itu pemimpin dong. Definisi pemimpin kan gitu, dia bisa meminta orang mengerjakan yang dia mau dan orang yang diperintah itu merasa seneng," kata mantan bupati Belitung Timur itu. (Riz/Ism)

Credit Rizki Gunawan

Suka artikel ini?
Andi Muttya Keteng
Andi Muttya Keteng

  Full bio »

0 Comments