Sukses

[VIDEO] Ribuan Jemaah Haji Siap Terbang ke Tanah Suci Selasa Pagi

Ribuan jemaah haji di berbagai daerah siap bertolak ke Tanah Suci Selasa pagi ini.

Ribuan jemaah haji dari embarkasi Surabaya, Jawa Timur, mulai bersiap diri sebelum bertolak ke Tanah Suci pagi ini. Ada 1.300 jemaah haji di embarkasi Surabaya ini.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV Pagi, Selasa (10/9/2013), terlihat sejak kemarin sore ribuan jemaah haji sudah tiba di Asrama Haji Sukolilo. Mereka menjalani pemeriksaan dokumen dan barang bawaan, untuk memastikan tidak melebihi ketentuan penerbangan internasional.

Di antara para jemaah itu, terdapat beberapa orang lanjut usia yang menggunakan kursi roda. Terdapat pula sejumlah penyandang tuna netra.

Adapun kloter pertama akan berangkat sekitar pukul 10.00 WIB, akan dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Timur incumbent Sukarwo.

Tak hanya di Jawa Timur, di embakarsi Medan, Sumatera Utara, sekitar 440 jemaah haji kolter pertama juga akan diberangkatkan pagi ini. Sejak kemarin sore, mereka sudah tiba di Asrama Haji yang teletak di Jalan Abdul Haris Nasution.

Embarkasi Medan untuk tahun ini akan memberangkatkan sekitar 6.500 jemaah haji. Mereka dibagi menjadi 16 kloter. Para jemaah haji di Medan ini akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Kualanamu, yang baru saja diresmikan beberapa waktu lalu. Karena pada tahun-tahun sebelumnya, para jemaah haji selalu diberangkatkan dari Bandara Polonia.

Sementara sekitar seribu jemaah haji di Boyolali, sudah memasuki Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. Mereka dibagi menjadi 3 kloter. Di Asrama Haji, para jemaah diperiksa kesehatannya. Ada tanda pengenal khusus bagi jemaah haji yang kesehatannya kurang baik atau berisiko tinggi.

Sedianya Gubernur Jawa Tengah Gandjar Pranowo akan melepas pemberangkatkan kloter pertama Boyolali ini. (Osc/Tnt)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini