Sukses

Jokowi Renovasi 15 Terminal Bergaya Kolonial, Kadishub: Rp 1,7 T!

Kadishub DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, biaya yang dianggarkan untuk merenovasi total 15 terminal di DKI Jakarta mencapai Rp 1,7 T.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, biaya yang dianggarkan untuk merenovasi total 15 terminal di DKI Jakarta jumlahnya mencapai Rp 1,7 Triliun. Rencananya, proses renovasi tersebut akan dimulai pada tahun depan.

"Anggaran seluruhnya sebesar Rp 1,7 Triliun, sedangkan saat ini yang sudah keluar sekitar Rp 5,8 miliar untuk pembuatan Detailed Enginering Design (DED) dan pembuatan AMDAL (analisa dampak lingkungan) nya," ujar Pristono, Senin, (9/9/2013).

Ia menargetkan, pengerjaan pembangunan dapat serentak dimulai pada pertengahan tahun 2014 nanti. Namun demikian, beberapa terminal seperti Terminal Manggarai, pembangunannya telah dimulai..

"Tender konstruksi diperkirakan bulan Januari. Dan kita targetkan ground breaking atau peletakan batu pertama bisa dimulai pada Maret atau April 2014, dan rampung pada 2015-nya," ungkap Udar.

Sementara itu, untuk desain bangunan terminal-terminal itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ingin tiap terminal mempunyai desain dan warna yang sama, yaitu bergaya kolonial. Hal tersebut dilakukan agar tiap bangunan mempunyai ciri khas masing-masing.

"Semua terminal nanti sama. Artinya, terminalnya warna catnya, nampak depan juga sama, sehingga orang kalau masuk ke sebuah terminal, 'oh ini terminal, oh ini pasar, oh ini sekolah'. Yang kita bangun I-nya. Gaya nya nanti semua sama, colonial style. Semua seperti itu," paparnya.

Dengan merubah desain dan menambah fasilitas-fasilitas publik di dalam terminal, Jokowi ingin agar masyarakat merasa nyaman ketika berada di terminal, layaknya masuk hotel bintang lima.

"Kita mau, orang masuk ke terminal tuh image-nya bukan preman, polusi, konsepnya masuk ke terminal tuh kaya masuk ke hotel bintang 5. Tamannya tuh hijau total, penumpang tidak nyeberang dan ter-crossing dengan bus. Sehingga yang nyeberang aman, busnya bisa mengalir dengan lancar," urai Udar.

Berikut 15 terminal yang akan direnovasi total menjadi bergaya kolonial:

1.   Terminal Pulogadung
2.   Terminal Rawamangun
3.   Terminal Kampung Rambutan
4.   Terminal Kampung Melayu
5.   Terminal Pinang Ranti
6.   Terminal Klender
7.   Terminal Senen
8.   Terminal Kota Jakarta
9.   Terminal Ragunan
10. Terminal Pasar Minggu
11. Terminal Kalideres
12. Terminal Tanjung Priok
13. Terminal Muara Angke
14. Terminal Grogol
15. Terminal Manggarai

(Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini