Sukses

Karsa Jawara Pilkada Jatim, Menang di 27 Kabupaten/Kota

Berada di urutan kedua, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) yang menang di 11 daerah.

Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) berhasil unggul di 27 kabupaten/kota di Jawa Timur. Keunggulan itu berdasarkan perhitungan manual rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang digelar di Hotel Shangri-La Surabaya, Sabtu (7/9/2013).

"Total pasangan Karsa meraih suara 8.195.816 atau 47,25 persen. Dengan demikian, Karsa dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak," kata Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad di akhir rapat pleno terbuka.

Berada di urutan kedua, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah). Pasangan yang diusung PKB dan 5 partai politik nonparlemen tersebut memenangi 11 daerah.

Sedangkan, 2 pasangan lainnya, yakni Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah (Bambang-Said) dan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat (Beres), tidak satu pun unggul di daerah.

Sesuai hasil rekapitulasi, pasangan Berkah meraih 6.525.015 suara atau 37,62 persen. Kemudian pasangan Bambang-Said di urutan ketiga dengan raihan 2.200.069 suara atau 12,69 persen. Terakhir pasangan Eggi-Sihat 422.932 suara atau 2,44 persen.

Rinciannya, pasangan Karsa menang di Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Lumajang.

Kemudian, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Bojonegoro. Selanjutnya, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Surabaya, serta Kota Batu.

Sedangkan, pasangan Berkah menang di 11 daerah, masing-masing Kabupaten Blitar, Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Mojokerto. Berikutnya, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Pamekasan, serta Kabupaten Sumenep.

Sementara itu, total tingkat partisipasi pemilih mencapai 17.895.809 orang atau sekitar 60 persen. Sedangkan, total suara sah yakni 17.343.832 orang dan tidak sah mencapai 551.977.

"Rekapitulasi hasil perhitungan suara telah selesai dan pasangan Karsa berada di posisi teratas, diikuti Berkah, Jempol dan Beres," kata Andry Dewanto. (Ant/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini