Sukses

[VIDEO] Wow, Gagang Es Krim Bisa Dijadikan Gitar Akustik

Di tangan seorang seniman di Surabaya, stik es krim bisa dijadikan gitar akustik. Kok bisa ya?

Stik atau gagang es krim biasanya hanya berfungsi sebatas sebagai pegangan saat kita makan es krim. Namun di tangan seorang seniman di Surabaya, stik es krim ternyata bisa dijadikan gitar akustik.

Tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (7/9/2013) memberitakan, gitar akustik yang dimainkan gitaris itu sepintas seperti layaknya gitar umumnya yang dibuat dari lembaran kayu atau tripleks. Namun bila diteliti secara sekasama, gitar itu terbuat dari susunan ratusan batang stik es krim.

Gitar tersebut merupakan hasil karya Juni Artur, pengrajin gitar yang juga gemar bermain gitar. Dia memiliki ide uniknya untuk membuat gitar dari stik es krim. Gagasan kreatifnya terinspirasi dari film anak-anak dari negeri jiran. Selain itu, gagasan tersebut dapat diwujudkan di sanggarnya yang sederhana di Jalan Pogot Baru, Surabaya.

Untuk membuat satu gitar, dibutuhkan ratusan stik es krim. Sebelum disusun, stik es krim digunting sesuai pola bentuk gitar. Dengan lem, stik-stik itu lalu ditempel dan disusun satu per satu.

Tak hanya badan, leher atau nek gitar pun dibuat dari stik es krim. Seperti gitar lainnya, setelah bentuk kasarnya jadi, gitar stik es krim dihaluskan, dicat atau dipernis sebelum kemudian dipasangi senar.

Mungkin tampaknya tidak sulit. Tapi percayalah dibutuhkan kesabaran, ketrampilan, dan ketelitian untuk membuat gitar dari stik es krim tersebut. Apalagi bila gitar diberi ornamen atau hiasan.

Meski belum begitu dikenal, beberapa orang meminati gitar stik es krim buatan Juni. Bahkan seorang penggemar gitar dari Amerika Serikat sudah menyatakan tertarik pada gitar ini. Hanya saja Juni kadang sulit mendapatkan bahan baku. Maklum, stik es krim tak selalu bisa diperoleh saat dibutuhkan. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini