Sukses

Kader PDIP Desak Mega Umumkan Capres Sebelum Pileg 2014

"Kalau kami dari Sumatera Utara lebih banyak mau menyampaikan tidak di injury time," kata Panda Nababan.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyatakan kemungkinan pihaknya akan mengumumkan calon presiden yang diusung partainya setelah Pemilihan Legislatif (Pileg). Namun, sebagian besar kader PDIP menginginkan agar Mega mengumumkannya sebelum itu.

"Kalau kami dari Sumatera Utara lebih banyak mau menyampaikan tidak di injury time. Jauh sebelum Pileg. Artinya suatu kebiasan di pemilihan Bupati dan Walikota janganlah dipakai untuk capres," tegas Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Panda Nababan saat Rakernas PDIP di Ecopark Ancol, Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Sementara, mantan anggota PWI itu mengatakan mayoritas kader PDIP semakin gencar mendukung Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi untuk maju sebagai capres. Bahkan, para kader PDIP berharap agar hasil Rakernas itu memutuskan untuk mengusung Jokowi untuk mencalonkan diri sebagai capres dari PDIP pada Pilpres 2014 mendatang.

"Ya Jokowi. Mereka melihat fenomena ada suatu tokoh yang baru. Itu aspirasi dari bawah," kata Panda Nababan.

Megawati mengatakan nama calon presiden dari PDIP tidak akan diumumkan dalam Rakernas melainkan akan ia deklarasikan pada momen yang ia tentukan. Kegiatan Rakernas PDIP yang digelar hingga Sabtu besok ini diikuti 501 DPC dan 33 DPD, anggota fraksi PDIP di DPR, dan kepala daerah yang merupakan kader PDIP. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.