Sukses

Kalahkan Jokowi di Survei Leadership, Ini Tanggapan Ahok

Ahok justru memuji balik Jokowi yang dianggapnya mempunyai gaya kepemimpinan yang lebih baik.

Dalam riset yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia Network Election Survey (INES), Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menempati urutan ketiga. Posisi itu menempatkan Ahok sebagai calon presiden yang memiliki leadership atau gaya kepemimpinan terbaik di antara capres lainnya, termasuk dari sang atasan Joko Widodo atau Jokowi.

Tidak seperti kebanyakan hasil riset lainnya, kali ini nama Ahok masuk survei. Bahkan mengalahkan Jokowi yang berada di urutan keempat.

Menanggapi hasil survei tersebut, Ahok tampak tidak merasa tersanjung. Menurut dia, saat ini lebih banyak yang menjelek-jelekkan dirinya dibanding yang memujinya. "Ini kan tergantung yah. Yang caci-maki saya juga banyak," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Jumat, (6/9/2013).

Dia justru memuji balik Jokowi yang dianggapnya mempunyai gaya kepemimpinan yang lebih baik. Walau mempunyai tipikal dan gaya kepemimpinan yang berbeda, Ahok mengaku, dirinya dan Jokowi saling menghargai gaya memimpin masing-masing. Jokowi yang lemah lembut dan Ahok yang keras dan terkadang sering membentak ketika berbicara.

"Pak Jokowi juga nggak bisa maksa ikutin gaya saya ke gaya dia kan. Begitu juga sebaliknya. Saya seperti ini, tidak bisa mengikuti Pak Jokowi. Tapi saya lebih suka gaya kepemimpinan Pak Jokowi," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Ia pun mengakui dirinya memang mempunyai watak yang keras. Namun sejak berpasangan dengan Jokowi sebagai pemimpin Jakarta, semakin hari dirinya mengalami perubahan. Mulai melunak, seperti Jokowi. "Saya juga sekarang bersama Pak Jokowi sudah lebih jinak," tutup Ahok. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • INES

Video Terkini