Sukses

Megawati Cerita `Kembalinya` Kwik Kian Gie

Kwik merupakan sosok pengurus PDIP yang pernah bersuara keras setelah kekalahan Megawati dalam Pemilihan Presiden 2004.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri 'memamerkan' sejumlah tokoh yang hadir dalam rakernas partainya. Salah satu pentolan yang disorot Megawati itu adalah mantan Menko Ekuin Kwik Kian Gie. Menurut Mega, Kwik merupakan salah satu kader PDIP yang unik.

"Pak Kwik ini lucu. Kalau dulu banyak yang mengeluh, seperti tak tahu Pak Kwik ini," kata Megawati sebelum membacakan pidato politik dalam Rakernas III PDIP di Ancol, Jakarta, Jumat (6/9/2013).

"Beliau ini kan eksentrik, biar saja dia nanti kan kembali lagi," tutur Megawati. Kwik merupakan sosok pengurus PDIP yang pernah bersuara keras setelah kekalahan Megawati dalam Pemilihan Presiden 2004.

Kala itu, Kwik meminta sejumlah tokoh, yang dia sebut sebagai 'gang of three', bertanggung jawab atas kekalahan Megawati itu. 'Gang of Three' yang dimaksud adalah almarhum Sutjipto yang saat itu menjabat sebagai Sekjen DPP PDIP, Pramono Anung yang kala itu menjadi Wasekjen PDIP, dan Gunawan Wirosarojo yang saat itu menjadi Ketua DPP PDIP.

Kala itu, Kwik mengancam akan mundur sebagai pengurus PDIP jika anggota 'gang of three' itu tidak mundur. Meski menyatakan mundur dari kepengurusan, Kwik menyatakan diri masih menjadi anggota PDIP.

Selain Kwik, Megawati juga menyebut sejumlah tokoh lain yang menjadi kader PDIP. Antara lain mantan Kapolri Jenderal (Purn) Da'i Bachtiar dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri.

Ketua Panitia Rakernas Puan Maharani juga menyebut sejumlah tokoh PDIP. Di antaranya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jateng Heru, dan Wakil Gubernur Banten Rano Karno. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini