Sukses

Baca `Dedication of Life` Bung Karno, Sinyal Jokowi Capres PDIP?

Menurut Mega, kepercayaan yang diberikan untuk Jokowi itu sebagai simbol regenerasi di tubuh PDIP.

Gubernur DKI Joko Widodo alias Jokowi didaulat membacakan 'Dedication of Life' milik proklamator Bung Karno dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional III PDIP yang digelar di Ancol, Jakarta. Padahal, banyak tokoh yang lebih senior dalam Rakernas PDIP itu.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, kepercayaan yang diberikan kepada Jokowi itu sebagai sebuah simbol regenerasi dalam tubuh partai banteng moncong putih ini. "Itu makna bahwa sebuah regenasi sebuah hal yang alami, pasti berlanjut," kata Megawati sebelum membacakan pidato politiknya dalam Rakernas III PDIP di Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Kalimat Megawati itu mendapat tepuk tangan meriah dari segenap peserta Rakernas III PDIP. "Tidak perlu tepuk tangan dulu, karena saya ingin katakan gubernur-gubernur kita ini bagian dari regenerasi karena dengan konsekuen dilakukan oleh PDIP. Kalau Bung Karno bilang itu naturr, alami," tutur Megawati.

Entah apa maksud regenerasi yang dimaksudkan oleh Megawati ini. Apakah regenerasi biasa, atau regenerasi kepemimpinan dalam tubuh PDIP. Yang jelas, pernyataan Megawati ini mendapat sambutan meriah dari kader PDIP yang hadir.

Jokowi memang menjadi salah satu kader PDIP yang sangat populer. Bahkan dalam semua survei calon presiden, Jokowi hampir pasti menjadi tokoh dengan elektabilitas paling tinggi. Jokowi dinilai sebagai tokoh potensial sebagai capres.

Jokowi juga disebut-sebut sangat berpotensi dicalonkan sebagai capres oleh PDIP. Namun, hingga saat ini PDIP menyatakan belum akan mengumumkan capresnya dalam waktu dekat ini. Meski demikian, PDIP terus mengikuti perkembangan berbagai survei terhadap para tokoh yang berpotensi sebagai capres dalam Pilpres 2014. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Rakernas PDIP

  • PDIP

Video Terkini