Sukses

Sekjen ESDM Disiapkan Pengacara dari Kementerian

Kementerian ESDM akan memberikan bantuan hukum jika nantinya KPK memanggil Sekjen Waryono Karno terkait dugaan suap di SKK Migas.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM, Saleh Abdurrahman, menyatakan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Waryono Karno dikenal sebagai sosok yang bersih. Menurut Saleh, Waryono juga orang yang berpengalaman dalam melakukan pekerjaan.

"Beliau itu banyak prestasi dan orang yang sangat berpengalaman dalam pekerjaan, saya tahu betul dan yakin itu," ucap Saleh di Kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2013)

Namun, lanjut Saleh, jika nanti Waryono dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pihaknya akan mendampingi secara hukum. Waryono saat ini masih dalam status cekal terkait kasus suap mantan Kepala SKK Migas, Rubi Rubiandini. Waryono direncanakan mendapat bantuan hukum dari ESDM.

"Kalau misalnya Pak Sekjen dipanggil KPK, kita akan dampingi. Pasti kita melakukannya, namun sesuai ketentuan hukum. Kan beliau cuma diduga. Di sini ada biro hukum untuk mendampingi," tegas Saleh.

Di lain sisi, Saleh meyakini Waryono juga punya penasihat hukum dari kalangan profesional. "Tapi saya yakin, beliau tentu punya penasihat hukum sendiri yang lebih berpengalaman," sambung Saleh.

Sedangkan terkait keberadaan Sekjen ESDM tersebut, Saleh memastikan bukan sedang bersembunyi atau berusaha melarikan diri. "Pak Sekjen ada kok. Beliau sedang cuti. Kan beliau tak pernah ambil cuti, ini hak beliau. Kalau nggak salah Senin besok beliau masuk," pungkas Saleh. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini