Sukses

Sering Beli Mobil Mewah, Fathanah Dikira Bendahara PKS

Fathanah diketahui pernah membeli sejumlah mobil mewah seperti Toyota FJ Cruiser seharga Rp 1,1 miliar pada awal Januari 2013.

Kerap membeli mobil mewah dan sering kedapatan bersama dengan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq membuat Ahmad Fathanah diduga sebagai bendahara partai tersebut. Padahal, terdakwa kasus suap impor sapi itu bukan kader PKS.

Setidaknya, itulah yang dikatakan oleh Manajer Marketing PT William Mobil, Mansyur saat bersaksi untuk Fathanah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (5/9/2013).

"Iya, saya awalnya menduga beliau (Ahmad Fathanah) adalah Bendahara PKS. Karena dekat dengan Luthfi," kata Mansyur.

Apalagi kata Mansyur, Fathanah juga kerap terlihat bersama dengan petinggi PKS lainnya seperti Jazuli Juwaini yang belakangan diketahui pernah menjual mobil Toyota Prado senilai Rp 688 juta. "Beliau (Jazuli Juwaini) kan anggota DPR dari PKS," katanya.

Fathanah diketahui pernah membeli sejumlah mobil mewah seperti Toyota FJ Cruiser seharga Rp 1,1 miliar pada awal Januari 2013, Toyota Alphard seharga Rp 800 juta, dan Mercedes Benz tipe C-200 seharga Rp 700 juta pada Desember 2012.

Fathanah didakwa atas 2 tindak pidana. Pertama, dia bersama dengan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq menerima suap dari PT Indoguna Utama terkait penambahan kuota impor sapi. Kedua, dia didakwa atas tindak pidana pencucian uang. (Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.