Sukses

[VIDEO] Kekeringan, Kera-Kera Gua Kreo Serbu Rumah Warga Semarang

Kera-kera itu menjarah sejumlah warung dan rumah warga disekitar tempat wisata.

Kekeringan terus melanda wilayah tengah Pulau Jawa. Kekeringan memaksa petani di Grobogan, Jawa Tengah, terpaksa melakukan panen dini karena takut merugi karena kekeringan ini.

Liputan 6 SCTV, Kamis (5/9/2013) memberitakan, petani Grobogan takut tanamannya mati kekurangan air karena saluran irigasi telah mengering. Panen dini dilakukan meski hasilnya tidak maksimal.

Kekeringan sebenarnya telah disiasati petani dengan cara menanam palawija seperti kedelai. Namun kekeringan tahun ini lebih parah mengakibatkan aliran air irigasi dari Waduk Kedung Ombo yang mengalir di Desa Sugihan, Kecamatan Toroh, benar-benar kering.

Sementara, ribuan warga Desa Tibayan, Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, menyerbu pembagian air bersih yang baru datang hingga habis dalam waktu sekejap. Sebanyak 33 desa yang tersebar di 6 kecamatan di wilayah Klaten saat ini mengalami krisis air bersih.

Sedangkan, kekeringan ini juga membuat puluhan ekor kera di Gua Kreo Semarang, menjarah sejumlah warung dan rumah warga di sekitar tempat wisata. Tak hanya menjarah, kera-kera ini merusak genting-genting warung dan rumah.

Pemilik warung merugi hingga jutaan rupiah. Kera-kera itu menyerbu karena kehabisan daun dan buah-buahan di dalam hutan wisata Gua Kreo akibat kemarau. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.