Sukses

NU dan 10 Ormas Islam Tolak Miss World di Indonesia

"Acara Miss World dinilai memiliki sisi mudharat yang lebih besar dibanding manfaat," kata Said Aqil.

Sebanyak 11 organisasi kemasyarakatan Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) menolak kontes Miss World di Nusa Dua, Bali, dengan alasan tidak sesuai dengan moral dan budaya bangsa. Penolakan tersebut disampaikan Ketua Umum LPOI Said Aqil Siraj usai menggelar pertemuan di Kantor PBNU, Jakarta.

"Acara Miss World dinilai memiliki sisi mudharat yang lebih besar dibanding manfaat," kata Said Aqil usai pertemuan di Kantor PB NU, Jakarta, Rabu (4/9/2013). Said menambahkan, LPOI menilai setiap event, khususnya yang berskala internasional, harus dilihat sisi manfaat dan mudharatnya.

Ketua Umum PBNU itu juga menilai kontes kecantikan Miss World tidak lebih dari acara foya-foya yang menghambur-hamburkan uang tanpa memberikan kontribusi positif bagi rakyat dan bangsa Indonesia. "Belum terjamin manfaatnya, yang jelas itu acara foya-foya. Beda dengan acara Pak Jokowi yang mengangkat budaya Betawi," ujarnya.

Meski menolak, LPOI tidak akan melakukan aksi untuk menekan agar kontes kecantikan sejagat itu dibatalkan atau tidak digelar di Indonesia. LPOI menentang segala bentuk kekerasan dalam penolakan tersebut.

Menurut Said Aqil, bukan menjadi kewenangan LPOI untuk membatalkan kontes Miss World. Pihaknya hanya menyatakan sikap dan diharapkan pihak berwenang menanggapi dengan bijak penolakan LPOI dan sejumlah elemen lainnya terhadap acara tersebut. "Kami berkewajiban menyampaikan suara umat Islam. Kita tidak akan turun ke jalan, soal tindakan kita serahkan kepada pihak berwenang," tutur Said Aqil.

Sementara, Sekretaris Umum LPOI Lutfi A Tamimi menambahkan, alasan gelaran Miss World di Bali akan menambah ketenaran Indonesia di mata internasional juga mengada-ada. "Dunia sudah kenal Indonesia tanpa Miss World. Negara tetangga kita juga menolak, kita kok malah bangga," kata Lutfi.

LPOI beranggotakan NU, Persatuan Islam, Al Irsyad Al Islamiyah, Mathlaul Anwar, Ittihadiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, Ikatan Da`i Indonesia, Azzikra, Syarikat Islam Indonesia, Al Wasliyah, dan Persatuan Tarbiyah Islamiyah.

Sebelumnya, sejumlah ormas Islam, seperti Front Pembela Islam (FPI), Hisbut Tahrir Indonesia (HTI), dan Forum Umat Islam (FUI)telah menyuarakan penolakan mereka. Selain itu, Majelis Ulama Indonesia atau MUI juga menolak gelaran Miss World ini. Baca Juga: Pro Kontra Miss World di Indonesia. (Eks/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini