Sukses

Dahsyat! Refleksi Cahaya Gedung Mampu `Lelehkan` Mobil Jaguar

Martin Lindsay memarkir Jaguar XJ miliknya di bawah Gedung 'Waklie Talkie'. Dua jam kemudian kejutan tak menyenangkan menantinya.

Saking panasnya, pantulan cahaya dari gedung pencakar langit yang tenar dengan julukan 'Wakie Talkie' di London, Inggris bisa 'melelehkan' sebuah Jaguar yang diparkir di bawahnya.

Awalnya, Martin Lindsay memarkir Jaguar XJ miliknya di Eastcheap, di bawah properti gedung yang secara resmi disebut 20 Fenchurch Street tersebut, Kamis siang lalu.

Dua jam kemudian, ia kembali dan kaget bukan kepalang saat menemukan sejumlah bagian mobilnya, termasuk kaca spion dan logo Jaguar meleleh.

"Aku berjalan menyusuri jalan dan melihat seorang fotografer mengambil foto. Aku lantas bertanya, 'apa yang terjadi'," kata Martin Lindsay, yang adalah direktur perusahaan ubin Moderna Contracts Ltd, seperti dimuat BBC, 2 September 2013.

"Fotografer itu lantas balik bertanya, 'apakah Anda melihat mobil itu? Pemiliknya pasti bakal tak senang'," tambah dia. "Lalu aku berkata padanya, 'aku pemiliknya.' Astaga! itu benar-benar mengerikan."

Dengan mata kepala sendiri Lindsay melihat spion, panel, dan simbol jaguar di mobilnya meleleh.

"Tak dipercaya hal seperti itu bisa terjadi," kata dia. "Ini sangat berbahaya. Bayangkan sinar matahari terpantul di bagian tubuh manusia."

Si pemilik telah menerima maaf dari pihak pengembang dan setuju untuk mengganti rugi biaya perbaikan yang mencapai 946 poundsterling atau Rp 16 juta.

Bentuk Tak Lazim

Dalam pernyataan bersama, pihak pengembang Land Securities dan Canary Wharf mengaku mengetahui insiden tersebut.

"Kami menyadari kekhawatiran mengenai cahaya yang terpantul dari 20 Fenchurch Street dan sedang mencari penyebabnya," demikian isi pernyataan tersebut.

"Sebagai tindakan pencegahan, pemerintah Kota London setuju untuk mengosongkan 3 lokasi parkir di area yang kemungkinan terdampak pantulan cahaya, sementara kami akan menginvestigasi persoalan tersebut lebih jauh."

Sementara, seperti Liputan6.com kutip dari Telegraph, pegawai kota menduga, bentuk tak biasa dari properti tersebut memantulkan cahaya amat terang ke jalanan di bawahnya.

Bukan cuma Jaguar itu yang leleh, sebuah mobil van yang diparkir dekat Walkie Talkie juga mengalami kerusakan. Sejumlah barang yang ditinggalkan di dashboard, termasuk sebotol minuman berenergi Lucozade, lebur akibat panas.

Walkie Talkie yang kini masih dalam pengerjaan akan memiliki 37 lantai dan total tinggi mencapai 525 kaki atau sekitar 160 meter. Akan digunakan sebagai perkantoran dan ruang ritel. Taman di puncak gedung akan dibuka untuk umum.

Proses pengerjaaannya dimulai 2011 lalu, diperkirakan baru rampung pada Mei 2014 mendatang. Kini proses pengerjaannya baru 58 persen, tapi masalah sudah muncul. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini