Sukses

Wakapolri: Belum Pasti Penembak Polisi dari Jaringan Teroris

Aparat belum mengetahui pelaku penembakan polisi di Tangerang anggota teroris atau bukan. Demikian pula dengan motifnya.

Pelaku penembakan polisi beberapa waktu lalu telah diketahui. Namun, 2 buronan itu hingga kini belum dibekuk polisi. Pelaku diduga merupakan anggota dari salah satu jaringan teroris, meski polisi tak berani memastikan dugaan itu.

"Kita sudah komitmen, dari awal tidak akan terjebak pada siapa mereka. Tapi yang ingin kita ketahui yaitu bagaimana ini bisa terjadi dan siapa pelakunya," kata Wakapolri Komjen Pol Oegroseno di Auditorium PTIK, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Tak hanya belum membeberkan identitas pelaku terkait jaringan teroris atau bukan, pihak kepolisian hingga kini juga mengaku belum mengetahui motif dari penembakan tersebut.

"Kalau nanti sudah ditangkap pelakunya, baru bisa kita ungkap bersama-sama apa motif utama dari pelakunya. Kalau kaitan dengan orang-orang yang dicurigai, berangkat dari sepeda motor. Jadi mohon jangan dikaitkan dengan satu motif saja, tapi dikaitkan dengan beberapa motif," tambah Oegroseno.

Polda Metro Jaya telah mengungkap identitas 2 orang terduga pelaku rentetan penembakan sejumlah anggota kepolisian di wilayah Tangerang Selatan, Banten. Mereka adalah Nurul Haq alias Jeck, kelahiran Jakarta pada 1985, dan Hendi Albar yang kelahiran 1983.

Temuan polisi juga menyimpulkan, 2 pria itu sebelumnya terlibat kasus perampokan BRI Cililin dan Kantor Pos Cibaduyut di Bandung, Jawa Barat, serta perampokan toko emas di Jalan Tambora, Jakarta. Keterangan para saksi juga menyebutkan, mereka terlibat dalam kasus penembakan anggota polisi di Bekasi, Jabar. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.