Sukses

Konvensi Demokrat Dinilai Kurang Greget, Komite: Itu Keliru

Komite Konvensi Partai Demokrat menolak jika konvensi disebut kurang greget karena adanya penolakan dari beberapa tokoh yang diundang.

Komite Konvensi Partai Demokrat telah mengumumkan 11 nama yang lolos menjadi peserta Konvensi. Namun, sejumlah pihak menilai konvensi untuk menjaring calon presiden (capres) pada Pemilu 2014 itu tidak memiliki greget. Pasalnya, 4 tokoh nasional menyatakan menolak ikut konvensi.

"Dibilang tidak greget, itu keliru," kata anggota Komite Konvensi, Didi Irawadi Syamsuddin di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Menurut anggota Komisi III DPR ini, dari 11 nama yang dinyatakan lolos memiliki kualitas dan kapasitas untuk berkompetisi menjadi capres. Karenanya, sebuah kekeliruan jika ada yang mengatakan konvensi Partai Demokrat tidak punya greget.

"Saya pikir 11 nama itu kalau kita lihat benar-benar berkualitas. Ada yang dari kaum muda dengan warna nusantara dan ketokohannya tidak diragukan semua. Tinggal bagaimana mereka sebaik mungkin tampil di publik untuk meyakinkan rakyat," ujar dia.

Didi juga mengomentari soal tidak bersedianya 4 tokoh nasional ikut konvensi. Menurut Didi, 4 tokoh itu justru memberikan apresiasinya terhadap konvensi, meski menyatakan tidak bersedia.

"Yang mundur itu kan mengapresiasi. Bukan mundur begitu saja. Belum bersedia karena belum waktunya menurut mereka," kata dia.

Semua tokoh yang menyatakan belum bersedia, lanjut Didi, punya alasan masing-masing yang bisa diterima.

"CEO Lion Air Rusdi Kirana, dia sangat mengapresiasi dan sangat menghargai. Kalau Bu Rustriningsih, kader PDIP, juga sangat mengapresiasi, tapi dia masih harus menyelesaikan tugasnya di Jawa Tengah. Mahfud MD juga punya alasan, tapi intinya mengapresiasi. Kalau Jusuf Kalla kan baru tahap komunikasi saja, belum sampai diundang," pungkas dia. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.