Sukses

Pidakan, Pantai Berpanorama Kerikil yang Memukau

Kabupaten Pacitan dikenal banyak orang dengan potensi pariwisatanya. Salah satunya keindahan pantainya yang cukup unik adalah Pantai Pidakan

Citizen6, Pacitan: Kabupaten Pacitan dikenal banyak orang dengan potensi pariwisatanya, terutama wisata pantai dan Goa. Selain Pantai Klayar yang sudah terkenal kecantikannya, salah satu pantai yang tak kalah uniknya adalah Pantai Pidakan. Pantai ini terkenal akan kerikil pantainya yang memiliki berbagai ukuran dari bentuk dan jenisnya.

Kerikil – kerikil pantai itu hampir secara penuh menyelimuti pasir Pantai Pidakan.  Mungkin pantai ini adalah satu-satunya pantai dengan  panorama kerikil di Indonesia. Kerikil di Pantai ini semuanya berwarna putih, sehingga menambah pesona keindahan pantai selatan ini.

Pantai ini berada di wilayah Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan. Dari Kota Pacitan kurang lebih 50 KM menuju Desa Jetak. Untuk menjangkaunya, bisa melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan yang baru diresmikan bulan Agustus lalu. Pantai ini berada dipinggir JLS, kurang lebih 2 kilometer dari JLS.

Hal yang sangat unik dan yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan adalah rincian dari material pantainya, yang 70 % pantainya berisi bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih. Sehingga di sana terdapat banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran.

Dengan panorama kerikil, berpadu dengan ombak pantai selatan yang melambai – lambai, disertai banyaknya pohon kelapa yang bertebaran, menjadikan Pantai Pidakan yang masih sangat alami ini salah satu referensi favorit wisata keluarga anda. Untuk masuk ke dalam pantai, Anda cukup memberikan biaya tiket masuk seikhlasnya, karena pengelolaan pantai ini masih tradisional, artinya penduduk lokal saja yang mengelola pantai ini secara mandiri. (Dwi Purnawan/Mar)

Dwi Purnawan adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, yang saat ini sedang menekuni Penelitian Olahraga untuk Pariwisata dan Budaya. Ia juga seorang pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Saat ini Citizen6 mengadakan program yang kali ini bertema "Tempat Wisata di Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.