Sukses

Borong Pakaian, Jokowi: Ini Ambil Uangnya, Ndak Usah Kembaliannya

Usai meresmikan Pasar Blok G Tanah Abang, Gubernur Jokowi kemudian mengunjungi dan berkeliling tempat jual beli itu.

Usai meresmikan Pasar Blok G Tanah Abang, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kemudian mengunjungi dan berkeliling tempat jual beli itu. Jokowi pun memborong pakaian anak dan wanita dari beberapa kios para pedagang.

Pantauan Liputan6.com, Senin (2/9/2013), setelah memberikan kunci kios kepada para pedagang secara simbolis, Jokowi langsung menunju ke lantai 2 pasar. Di sana, Jokowi menengok beberapa kios para pedagang yang dulu berjualan di sepanjang bahu jalan kawasan Tanah Abang.

Jokowi lalu menghampiri beberapa kios. Tidak hanya melihat-lihat, Jokowi memborong belasan potong pakaian anak dan wanita. Seperti yang terjadi di kios milik Nur, yang menjual pakaian anak-anak. Jokowi membeli 10 potong baju anak untuk usia 5 tahun sebanyak 10 potong.

"Ini berapa harganya Pak," ujar Jokowi kepada Nur.

"Perpotongnya 35 ribu Pak," jawab Nur. "Ya sudah bungkus 10 yah," kata Jokowi sambil mengeluarkan uang sebanyak Rp 400 ribu.

Tanpa meminta uang kembalian, Jokowi pun langsung berlalu menuju kios lainnya."Ya, semoga laku dagangannya di sini," ujar Jokowi.

Selain membeli pakaian anak, Jokowi juga berbelanja pakaian wanita. Di kios milik Ida, Jokowi membeli 4 potong baju atasan wanita perempuan. Untuk 4 potong pakaian tersebut, Jokowi mengeluarkan uang sebanyak 300 ribu.

"Ini ambil uangnya, ndak usah kembaliannya, biar laku ya dagangannya," kata Jokowi.

Tidak hanya memantau lantai 2 dan 3 yang menjadi tempat relokasi PKL, politisi PDIP ini juga mengujungi lantai 1 yang diisi para pedagang lama. Beberapa pedagang yang melihat Jokowi pun berteriak meminta agar di lantai I juga ditata dan diperbaiki seperti lantai 2 dan 3.

"Pak tolong dong, jangan lantai 2 dan 3 yang dibenerin, di lantai 1 juga Pak," teriak salah satu pedagang.

Jokowi pun hanya menganggukan kepala dan berbicara singkat sambil tersenyum mendengar keluhan pedagang tersebut."Nanti satu-satu kita beresin, ini kan saluran airnya tadinya mampet, sekarang sudah bagus," jelas Jokowi. (Riz/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini