Sukses

[VIDEO] PKL Pasar Gembrong Tak Mau Direlokasi

Para pedagang mengaku enggan pindah karena menganggap lokasi pasar yang baru sepi pembeli.

Menjelang rencana relokasi, para pedagang mainan di Pasar Gembrong Jatinegara, hingga Minggu kemarin masih memenuhi sekitar trotoar dan badan Jalan Basuki Rahmat, Jakarta Timur. Menanggapi rencana relokasi itu, para pedagang mengaku enggan pindah karena menganggap lokasi pasar yang baru sepi pembeli.

Liputan 6 SCTV, Senin (2/9/2013) memberitakan, pada Minggu siang Pasar Gembrong ramai pembeli. Penjual menjajakan dagangannya di trotoar hingga pinggir jalan. Tak hanya barang dagangan yang memakan badan jalan, kendaraan pembeli juga parkir dengan mengambil satu lajur kendaraan karena tidak adanya area parkir.

Mengatasi kesemrawutan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan dua lokasi untuk para pedagang, yaitu di Pasar Cipinang Jaya dan Pasar Klender. Beberapa pedagang merasa tak perlu memindahkan kios mereka dan berjanji akan merapihkan sebagian dagangan yang diletakkan di area trotoar. Sebagian lagi mengaku sudah mendaftar untuk relokasi, namun akan kembali berjualan di lokasi lama bila lokasi baru sepi pembeli.

Hingga pendaftaran kios ditutup Senin yang lalu, hanya ada 86 pedagang yang mendaftar dari keseluruhan 211 pedagang. Rencananya awal September ini para pedagang kaki lima di Pasar Gembrong sudah dapat direlokasi sepenuhnya. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini