Sukses

[VIDEO] Polisi Bekuk 3 Pelaku Rusuh Pilkada Probolinggo

Polisi masih memburu seorang lainnya yang sudah dimasukkan dalam daftar pencarian orang.

Aparat Polda Jawa Timur menangkap 3 orang warga yang diduga terlibat kerusuhan saat demo pemilihan walikota Probolinggo di Kelurahan Mayangan, Kota Probolinggo, pada Jumat malam yang lalu. Polisi masih memburu seorang lainnya yang sudah dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Liputan 6 SCTV, Senin (2/9/2013) memberitakan, ketiga orang yang ditangkap itu adalah AK, AG, dan EP. Mereka adalah anggota sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM). Ketiganya kini sedang menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Polda Jatim.

Sedangkan AR, SA, dan EP diduga terlibat sebagai otak intelektual. Polisi masih memburu seorang lagi dengan inisial DO yang menjadi buron polisi dan dimasukkan dalam daftar pencarian orang.

Demo anarkis menuntut pencoblosan ulang dalam pemilihan walikota Probolinggo terjadi 30 Agustus lalu. Berbekal batu dan kayu, ribuan orang melempari Kantor Kelurahan Mayangan, Probolinggo, di mana sedang digelar rekapitulasi surat suara pemilihan Walikota Probolinggo.

Massa yang kian beringas merusak mobil milik Sukirman, ketua KPU Kota Probolinggo. Diduga sebagai provokator, seorang pendemo ditangkap dan dipukul polisi. Massa juga nekat membakar sebuah mobil polisi. Amuk massa diduga dipicu dugaan kecurangan pada pemilihan walikota Probolinggo pada 29 Agustus, berbarengan dengan Pemilihan Gubernur Jawa Timur. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini