Sukses

Batalyon Raiders Akan Diresmikan Pekan Depan

Menurut rencana sepuluh Batalyon Raiders diresmikan di Jakarta, 22 Desember mendatang. Pasukan tempur ini akan bertolak ke Aceh menggantikan 32 batalyon yang bertugas di Serambi Mekah.

Liputan6.com, Jakarta: Sepuluh Batalyon Raiders akan diresmikan di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 22 Desember mendatang. Peresmian batalyon yang memiliki kemampuan tiga kali lipat dari pasukan TNI lain ini bertepatan dengan peringatan Hari Kartika Juang yang jatuh pada 15 Desember. Demikian dikemukakan Kepala Penerangan Komando Daerah Militer Jaya Letnan Kolonel TNI Apang Sopandi di Jakarta, Jumat (12/12).

Personel Yon Raiders diambil dari prajurit TNI yang berasal dari delapan yon Kodam dan dua yon Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat. Anggota Yon Raiders memiliki kemampuan tempur baik di darat, udara, dan laut. Awal Januari tahun depan, sepuluh Yon Raiders akan menggantikan 32 yon yang telah bertugas di Nanggroe Aceh Darussalam awal. Sedangkan pasukan dari Aceh ditarik untuk mengamankan pemilihan umum tahun depan [baca: Pasukan di Aceh Ditarik untuk Pemilu 2004].

Hari Kartika Juang juga akan diisi TNI dengan melakukan berbagai kegiatan antara lain berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Sekadar diketahui, Hari Kartika Juang dirayakan untuk mengenang Peristiwa Ambarawa atau yang dikenal dengan Palagan Ambarawa. Saat itu, tepatnya 15 Desember 1945, Tentara Keamanan Rakyat (TKR) sebagai cikal bakal TNI berhasil memukul mundur pasukan Inggris dan Belanda. Pertempuran tersebut dipimpin Soedirman yang saat itu berpangkat kolonel.(TNA/Johan Heru dan Erwin Arief)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini