Sukses

Polres Garut Amankan 115 Imigran Gelap

Para imigran gelap dari sejumlah negara tersebut hendak berlayar ke Australia.

Polisi Resor Garut, Jawa barat, mengamankan 115 imigran gelap asal Myanmar, Bangladesh, dan Afrika di sebuah villa di Kecamatan Banjarwangi. Kepala Satuan Reskrim Polres Garut AKP Dadang Garnadi mengatakan imigran gelap diamankan setelah mendapat informasi dari amsyarakat.

"Saat diamankan jumlahnya ada 115 orang, mereka berasal dari Negara Myanmar, Rohingya, Bangladesh dan Afrika," kata Dadang di Garut, Minggu (1/9/2013).

Menurut dia, imigran gelap tersebut sengaja ditempatkan di Villa sebelum melanjutkan perjalanan menuju Australia melalui perairan laut Garut selatan. "Diduga kuat mereka akan menyeberang ke Australia melalui kawasan pantai di Garut selatan," katanya.

Selain mengamankan imigran gelap, polisi juga mengamankan 2 orang wanita warga negara Indonesia asal Cilacap dan Semarang, Jawa Tengah, yang merupakan istri dari dua orang imigran gelap.

Berdasarkan keterangan warga negara Indonesia tersebut, kata Dadang, rombongan imigran gelap itu berangkat dari Bogor, Jumat 30 Agustus malam menggunakan kendaraan mini bus. "Mereka ini katanya berangkat dari Bogor mau ke daerah pantai selatan Garut. Kita masih menyelidiki untuk mengetahui siapa yang membawa rombongan imigran ini," jelas Dadang.

Sementara, para imigran gelap ditangani oleh Polsek Banjarwangi, Cikajang, dan Satuan Intelkam Polres Garut, sambil menunggu dari pihak imigrasi. Kedatangan imigran gelap ke wilayah Garut merupakan kesekian kalinya yang berhasil diamankan polisi dalam kurun waktu selama tahun 2013.

"Pantai Garut Selatan ini memang sering dijadikan tempat transit para imigran gelap yang mau ke Australia," kata Dadang. (Ant/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini