Sukses

ICW Buka Pengaduan Kecurangan Seleksi CPNS

Pengaduan itu bisa dilakukan melalui situs http:/pantaucpns.net.

Indonesian Coruption Watch bersama Konsorsium LSM Pemantau Seleksi CPNS (KLPC) membuka posko pengaduan kecurangan rekrutmen CPNS. Posko ini akan menampung setiap aduan masyarakat terkait kecurangan seleksi CPNS yang akan digelar pada September-Oktober mendatang.

Peneliti Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW Siti Juliantari mengatakan, pengaduan itu bisa dilakukan melalui situs http:/pantaucpns.net. "Kali ini pemerintah akan merekrut 65 ribu CPNS dari pelamar umum dan yang berasal dari honorer K2," kata Siti Juliantari di Jakarta, Minggu (1/9/2013).

Siti menjelaskan dari 65 ribu CPNS tersebut, 25 ribu di antaranya akan ditempatkan menjadi PNS di lingkungan kementerian atau lembaga di pemerintah pusat. "Sisanya, 40 ribu PNS diangkat dilingkungan pemerintah daerah. Selain itu pemerintah juga akan mengangkat PNS dokter," ungkap dia.

Ddalam proses seleksi, kata dia, panitia CPNS akan menggunakan metode seleksi administrasi, dengan Test Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB). "TKD itu dilakukan dengan menggunakan lembar Jawab Komputer (LJK) dan Camputer Assesment Test (CAT)," tutur Siti.

Sebelumnya, Siti memprediksi terdapat titik rawan kecurangan pada seleksi CPNS. Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk waspada dan mengawasi proses rekrutmen CPNS tersebut. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini