Sukses

[VIDEO] Perajin Tahu-Tempe Ancam Mogok Nasional 9-11 September

Terkait terus melonjaknya harga kedelai, gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) akan menggelar mogok produksi dan penjualan selama tiga hari. Yiatu 9 hingga 11 Seputember mendatang.

Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (1/9/2013) memberitakan, pernyataan sikap itu dibacakan pengurus Gakoptindo dalam sebuah konferensi pers di Gedung Pusdiklat Perum Bulog, Jakarta Selatan.

Selain mogok nasional, Gakoptindo juga menuntut pemerintah agar menurunkan dan metabilkan harga kedelai. Tak hanya itu, pemerintah juga dituntut merealisasikan swasembada kedelai dan melaksanakan Perpres Nomor 32/2013 tentang penugasan kepada Perum Bulog untuk pengamanan harga dan penyaluran kedelai.

Sikap tersebut dilakukan mengingat masih melonjaknya harga kedelai yang belakangan ini sudah tidak wajar. Mereka menduga meroketnya harga lantaran adanya ulah spekulan. Padahal stabilisasi harga kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe ini
menyangkut orang banya.

Seluruh perajin tahu tempe di Indonesia mencapai 115 ribu perajin dengan tenaga kerja mencapai 1,5 juta orang.

Harga kedelai belakangan ini terus melonjak hingga mencapai di atas Rp 11 ribu per kilogram. Akibatnya, banyak perajin tahu tempe yang memakai kedelai sebagai bahan pokoknya gulung tikar. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini