Sukses

Ditabrak Kapal Tongkang, Jembatan Kapuas I Bergeser

Akibat tabrakan itu, Jembatan Kapuas I sempat berguncang keras. Ini tabrakan yang paling parah.

Tiang utama Jembatan Kapuas I yang menghubungkan Kota Pontianak dan 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat, Jumat sekitar pukul 19.30 WIB ditabrak oleh kapal ponton bermuatan bauksit. Akibat tabrakan itu, Jembatan Kapuas I sempat berguncang keras.

"Tabrakan juga mengakibatkan rangka 3 dan 4 atau persis di tengah-tengah jembatan bergeser hingga 10 cm," kata Staf Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Wilayah V Kalbar Edi Kurniawan saat meninjau langsung kondisi Jembatan Kapuas I Pontianak.

Ia menjelaskan, saat ditabrak oleh kapal ponton atau tongkang, jembatan terasa bergoyang sehingga untuk sementara jembatan ditutup demi keamanan bersama. "Kami saat ini masih menunggu tim teknis untuk memeriksa kondisi Jembatan Kapuas I setelah ditabrak oleh ponton tersebut," ungkap Edi, Minggu (1/9/2013).

Keadaan jembatan masih belum bisa dipastikan apakah rusak atau tidak. Tetapi, Edi tidak mau ambil risiko. Sehingga bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menutup sementara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kejadian ditabraknya tiang pilar utama Jembatan Kapuas I kali ini yang paling parah. Apalagi ditambah dengan tingkat guncangan yang sangat kuat. Saat ini Jembatan Kapuas I memang sedang dalam perbaikan untuk tiang pengaman, karena sebelumnya tiang pengaman tengah jembatan itu juga rusak akibat ditabrak.

Sebuah Kapal Motor besi sedang berusaha menarik ponton yang berisi bauksit itu keluar dari areal jembatan. Kejadian tertabraknya Jembatan Kapuas I oleh ponton menjadi tontonan warga yang bermukim di sekitar jembatan itu. (Ant/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini