Sukses

Ber-Lebaran Betawi di Monas, Ahok Makan Banyak

Berbalut sadariah putih lengkap dengan kain sarung cokelat yang diselempangkan di leher, Ahok menyapa dan menyalami sejumlah warga.

Berbalut sadariah putih lengkap dengan kain sarung cokelat yang diselempangkan di leher, Ahok menyapa dan menyalami sejumlah warga. Wakil Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu tengah mengunjungi pagelaran Lebaran Betawi yang berlangsung di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Kemudian Ahok melangkahkan kakinya menuju stan wilayah Jakarta Utara. Di rumah panggung bergaya Betawi itu, Ahok disuguhi berbagai makanan khas Betawi, seperti kerak telor, wajik, kembang kelapa, akar kelapa, dan buah-buahan lokal seperti rambutan serta jambu bol.

Puas dengan segala suguhan stan Jakut, Ahok pun berpindah ke stan Kecamatan Tanjung Priok. Bir pletok pun menyambutnya. Tak lama kemudian mantan Bupati Belitung Timur itu keluar kemudian memasuki stan Kecamatan Cilincing dan Kecamatan Pademangan. Setelah itu, dia beralih ke stan wilayah Jakarta Timur dengan disambut tarian barongsai.

"Hari ini saya mengunjungi semua wilayah di DKI Jakarta dengan cepat. Tapi saya tidak bisa makan di semua stan ya. Kalau saya makan semua, bisa pecah perut saya," ujar Ahok sambil tertawa, Sabtu (31/8/2013).

Lebaran Betawi ini dimeriahkan dengan berbagai penampilan budaya khas Betawi, seperti tari Betawi, tanjidor, gambang kromong, keroncong Jakarta. Selain itu, ada pula wayang kulit Betawi, ondel-ondel, layar tancap, lenong Betawi, dan palang pintu, topeng, dan beragam permainan tradisional Betawi.

Yang belum ber-Lebaran Betawi, segera kunjungi Monas. Acara ini akan digelar hingga Minggu 1 September besok. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini