Sukses

[VIDEO] Kekeringan, Warga Boyolali Minum Sisa Air Sungai

Sumur warga dan sumber mata air yang selama ini diandalkan warga mulai mengering.

Sejumlah informasi menarik dari Tanah Air dirangkum dalam Kilas Indonesia Liputan 6 Petang SCTV. Informasi itu antara lain darurat asap di Pekanbaru, pemukulan 39 murid sekolah dasar oleh gurunya, hingga kekeringan di sejumlah daerah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (30/8/2013), Kilas Indonesia diawali dari Riau. Kota Pekanbaru Riau dan 3 kabupaten lainnya dinyatakan dalam kondisi darurat infeksi saluran pernapasan atas akibat kabut asap yang masih menyelimuti Provinsi Riau. Kabut asap juga dinyatakan berbahaya bagi penderita asma, ibu hamil, dan radang paru-paru. Ribuan masker dibagikan pada warga.

Dari Bekasi, Jawa Barat, sebanyak 39 murid SD Jatimulya dipukul oleh gurunya dengan menggunakan benda tumpul. Gara-garanya, para murid itu tidak bisa menjawab pertanyaan. Akibatnya, pergelangan tangan mereka membiru. Sejumlah orangtua mendatangi sekolah untuk memprotes tindak kekerasan tersebut.

Di Boyolali, Jawa Tengah, kekeringan memaksa warga Desa Kalimati menggunakan sisa air sungai yang mengering untuk air minum dan mandi. Sumur warga dan sumber mata air yang selama ini diandalkan warga mulai mengering.

Di Grobogan, kekeringan mengakibatkan puluhan hektare sawah tidak bisa ditanami. Untuk mencukupi kebutuhan hidup, para petani menjual tanah yang digunakan untuk mengurug lahan. Tanah dijual Rp 70 ribu rupiah per truk. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini