Sukses

Jokowi: Saya Tak Punya Tim Sukses, Ngurus Jakarta Aja Jumpalitan

Namun, mantan walikota Surakarta itu membantah kabar adanya tim yang ia bentuk untuk mencalonkan diri sebagai presiden tahun depan.

Menjelang Pilpres 2014 mendatang, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo semakin banyak mendapat dukungan dari masyarakat. Pria yang akrab disapa Jokowi itu bahkan disebut-sebut telah membentuk tim pemenangan atau tim pencapresan untuk 2014.

Namun, mantan walikota Surakarta itu membantah kabar adanya tim yang ia bentuk untuk mencalonkan diri sebagai presiden tahun depan.

"Tidak ada. Saya tidak punya tim, saya tidak bentuk tim. Saya ini Gubernur Jakarta, ngurus Jakarta aja jumpalitan kaya gitu, kok ngurus tim. Kaya kurang kerjaan aja. Cek aja, silakan tanya siapa mereka," ujar Jokowi usai bertemu Ketua MPR Sidarto Danusubroto di Gedung MPR RI Senayan, Jumat (30/8/2013).

Menurut dia, wewenang untuk menentukan seorang kader partai dicalonkan atau tidak pada pilpres, pilgub, maupun pilkada, berada pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai. Terlebih mengenai capres 2014.

Jokowi mengungkapkan, Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua umum PDIP yang berhak memutuskan siapa yang akan diusung maju pada pilpres dari partai berlambang banteng moncong putih itu. "Urusan saya urusan Jakarta. Jadi kalau mau tanya soal Jakarta saya jawab, kalau soal capres tanya ke DPP, ke Ibu Ketum," kata Jokowi.

Saat ini muncul sejumlah kelompok terkait pencalonan Jokowi sebagai presiden. Kelompok itu menyebut dirinya Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014. (Ism/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi