Sukses

Nama Jokowi di Survei Masih Jadi Kandidat Tertinggi

Dalam sejumlah survei untuk mencari Capres 2014, nama Jokowi masih kuat menjadi kandidat tertinggi.

Dalam sejumlah survei, mencari tokoh yang pantas sebagai Capres 2014 mulai merebak di tengah masyarakat. Nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi masih kuat menjadi kandidat tertinggi. Menurut Guru Besar Psikologi Politik Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, hasil survei itu mencerminkan pemilih Indonesia.

Hamdi mengatakan, saat ini perilaku pemilih Indonesia lebih berdaulat, ekspresif, dan berani menyatakan pendapat dibandingkan saat Orde Baru.

"(Sekarang) kehendak massa itu penting. Kalau dulu, itu (kehendak massa) tak ada artinya," ujar Hamdi dalam diskusi dengan tema 'Pencalonan Presiden 2014: Popularitas, Elektabilitas, dan Kualitas', di Jakarta, Kamis (29/8/2013).

Sesuai dengan buku Kuasa Rakyat dari Sidney Tarrow, Hamdi menyatakan, hasil opini masyarakat yang terekam dalam survei itu merangkum harapan (hope) juga proses politik yang berkualitas (political efficacy), sehingga terlihat adanya antusiasme dari masyarakat dalam Pemilu 2014 nanti.

Dan, Jokowi dianggap sebagai sosok ideal untuk memenuhi kedua hal itu, sehingga tak heran namanya selalu muncul dalam kategori tertinggi dalam survei. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini