Sukses

Slamet Kirbiantoro Tak Lagi Pangdam Jaya

Pangdam Jaya Slamet Kirbiantoro digantikan oleh Bibit Waluyo. Penggantian Slamet tersebut tidak berhubungan dengan sejumlah kejadian di Jakarta, seperti peledakan bom.

Liputan6.com, Jakarta: Penggantian Panglima Komando Daerah Militer Jakarta Raya dari Mayor Jenderal TNI Slamet Kirbiantoro kepada Mayjen TNI Bibit Waluyo tidak terkait dengan peledakan bom yang terjadi malam Natal silam. Penegasan itu disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Endriartono Sutarto yang bertindak sebagai inspektur upacara Serah Terima Jabatan tersebut, di Jakarta, Senin (22/1).

Sertijab tersebut berlangsung mulai pukul 9.00 WIB pagi di halaman Kodam Jaya. Upacara itu dihadiri pula oleh pejabat-pejabat TNI dan Kepolisian RI, seperti Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu dan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Mulyono Sulaiman. Selain itu, sejumlah sesepuh angkatan darat khususnya Kodam Jaya juga tampak di antaranya, Try Sutrisno, Wiranto, Hendro Priyono dan Jaja Suparman.

Endriartono dalam amanatnya menjelaskan, pergantian itu dilakukan untuk meningkatkan kinerja organisasi, khususnya profesionalisme perwira. Sebab, Kodam Jaya adalah komando utama yang mengemban tugas yang sangat strategis. Jabatan Pangdam Jaya diserahkan kepada Bibit Waluyo karena mantan Kepala Sekolah Komando Angkatan Darat itu dianggap memiliki kemampuan khusus untuk menangani persoalan di masa mendatang. Sementara, Slamet Kirbiantoro selanjutnya ditempatkan sebagai Wakil Inspektur Jenderal Markas Besar TNI.(HFS/Diah Kusuma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.