Sukses

Rustriningsih Ikut Konvensi, Puan Maharani: Ia Harus Keluar

Jika Rustriningsih ikut Konvensi Demokrat, diaiharuskan keluar dari PDIP. Lantaran itu sudah sesuai dengan aturan internal partai.

Konvensi Partai Demokrat saat ini tengah digelar. Dari 15 tokoh yang diundang Komite Konvensi untuk menjadi peserta konvensi Partai Demokrat, hanya ada 1 calon peserta wanita yang juga Kader PDIP, yakni Rustriningsih.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menjelaskan jika Rustriningsih memahami etika berpartai dan mematuhi aturan internal, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah itu harus keluar dari partai PDIP, yang membesarkan dirinya dalam dunia politik

"Secara otomatis, Bu Rustri harus keluar. Tapi saya sampai sekarang tidak tahu apakah dia ikut atau tidak. Karena tanggal 1 baru diumumkan kan siapa-siapa saja yang ikut konvensi," kata Puan saat ditemui di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2013).

Karena itu, putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini menegaskan Rustriningsih harus memahami dan mematuhi keputusan internal PDIP jika resmi mengikuti konvensi Partai Demokrat. "Sebagai kader partai sudah seharusnya memahami mekanisme internal yang harus diikuti dan dilaksanakan dari PDIP," tukas Puan.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf sebelumnya menyatakan dari 15 tokoh yang diundang Komite Konvensi untuk menjadi peserta konvensi Partai Demokrat hanya ada 1 calon peserta wanita yang juga Kader PDIP, yakni Rustriningsih.

"Kan sudah ada nama bu Rustriningsih. Siapa yang bilang nggak ada calon peserta konvensi perempuan? Kan dari 15 kandidat ada 1 perempuan itu Bu Rustriningsih," kata Nurhayati. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.