Sukses

Jokowi: Saya Punya Dolar, Tapi Bukan Penyimpan

Sebagai pejabat yang juga pengusaha dan eksportir produk mebel, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku dirinya mempunyai sejumlah dolar.

Di tengah melemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, pengamat ekonomi Faisal Basri mengusulkan agar para pejabat menjual simpanan dolarnya. Hal itu demi menjaga perekonomian rakyat banyak dan menguatkan kembali mata uang rupiah.

 Namun dolar yang ia miliki iSebagai pejabat yang juga pengusaha dan eksportir produk mebel,  Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku dirinya mempunyai sejumlah dolar.tu bukan untuk disimpan, tetapi hanya dijadikan sebagai alat transaksi jual beli ketika menjual produk mebelnya ke luar negeri.

"Kalau saya ya punya dolar, tapi kan saya ini eksportir, kalau eksportir dapet dolar itu untuk produksi. Kalau sudah cair, dolarnya tukar lagi jadi rupiah," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Ia pun mengatakan, dolar yang ia miliki jumlahnya tidak banyak bila dibanding dengan para pejabat yang mempunyai simpanan dolar yang jumlahnya mencapai ribuan. Namun, Jokowi enggan membeberakan berapa jumlah dolar yang ia miliki itu.

"Jumlahnya ndak banyak, lah wong kita bukan penyimpan. Kalau pun ada dolar memang belum ditukar saja jadi rupiah," katanya.

Terkait dengan anjuran agar masyarakat menukarkan dolarnya untuk menguatkan nilai rupiah, menurut Jokowi, hal tersebut tidak bisa dilakukan bila tidak dimulai oleh para pejabat negara yang juga mempunyai banyak simpanan dolar. "Ya gimana kita mau imbau masyarakat untuk ngelepas dolarnya, kalau yang bicara saja tetap nyimpen," ungkap Jokowi.

Dari pada menyimpan uangnya dalam bentuk dolar, politisi PDIP ini lebih memilih memutar uangnya dengan melakukan investasi yang bersifat produktif.

"Ndak tahu apa untungnya orang nyimpen dolar, tanya yang simpen. Kalau saya nyimpen uang nggak pernah. Saya selalu putar uang untuk hal produktif, misalnya beli mesin, itu untuk investasi," tukas Jokowi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Rupiah Indonesia adalah mata uang resmi yang berlaku di Indonesia.

    rupiah

  • Dolar merupakan mata uang yang resmi digunakan di beberapa negara.

    dolar

Video Terkini