Sukses

Pimpinan DPR: Aset Century yang Diselamatkan Baru Rp 75 Miliar

Aset Century yang berhasil diselamatkan itu tidak ada 10 persen dari uang negara yang dihabiskan untuk bailout, yaitu Rp 6,7 triliun.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Priyo Budi Santoso mengatakan aset Bank Century yang berhasil diselamatkan masih sangat jauh dari harapan. Meski demikian, dia berharap Tim Pemburu Aset yang dibentuk pemerintah bisa bekerja maksimal sehingga bisa mengembalikan aset Century ke negara.

"Idealnya Rp 6,7 triliun. Tapi sampai saat ini yang berhasil dikembalikan kira-kira dari Hongkong sekitar Rp 2,1 triliun, dari Swiss Rp 1,5 triliun, dari Jersey Inggris Rp 175 miliar, tapi yang bisa diselamatkan masih Rp 75 miliar. Masih jauh dari yang diharapkan," tutur kata Priyo di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Menurut Priyo, dana Rp 75 miliar dari aset Century yang berhasil diselamatkan itu tidak ada 10 persen dari uang negara yang dihabiskan untuk bailout, yaitu Rp 6,7 triliun. Karena itu, meski mengapresiasi kerja keras Tim Pemburu Aset, DPR juga mempertanyakan hasil kinerjanya. "Nyatanya angka yang bisa diselamatkan masih jauh dari yang diharapkan," katanya.

Priyo juga mempertanyakan dana yang dihabiskan Tim Pemburu Aset Century tersebut. Dia berharap, dana yang dikeluarkan tidak lebih besar dari aset yang dikembalikan.

"Ke depan, tim pemburu aset biayanya berapa? Sebanding apa tidak? Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Itu yang kami sertakan, khususnya Menkumham dan Kejaksaan Agung," tutur Prio. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini