Sukses

Badrodin Naik Jenderal Bintang 3, Kompolnas: Bursa Kapolri Ketat

"BH (Badrodin Haiti) menjadi calon yang dihitung kuat dalam penetapan Kapolri baru oleh Presiden," kata Komisioner Kompolnas, Nasser.

Komisi Kepolisian Nasional menilai dengan naiknya pangkat Kepala Bagian Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam), Badrodin Haiti menjadi jenderal bintang tiga membuat kompetisi di bursa calon Kepala Polri lebih ketat.

Komisioner Kompolnas M Nasser mengatakan dengan diangkatnya Badrodin Haiti yang merupakan mantan Kapolda Jawa Timur itu ke jenderal bintang tiga atau Komisaris Jendral bisa saja diperhitungkan menjadi calon kuat. Namun, semua itu diserahkan kepada Presiden selaku pengambil keputusan yang akan memilih sosok calon Kapolri.

"BH (Badrodin Haiti) akan menjadi calon yang dihitung kuat dalam penetapan Kapolri baru oleh Presiden. Mari kita serahkan dan tunggu keputusan SBY, pasti beliau pilih yang terbaik," kata Nasser di Jakarta, Rabu (28/8/2013)

Sementara itu, Komisioner Kompolnas, Hamidah Abdurrachman mengatakan dengan bertambahnya jenderal berbintang tiga, maka secara otomatis akan masuk bursa Kapolri. Namun, Kompolnas sendiri telah memberikan nama-nama calon Kapolri, hanya tinggal menungu keputusan Presiden SBY.

"Tugas Kompolnas sudah selesai, nama sudah kami serahkan ke ketua (Kompolnas), info lebih lanjut belum ada," terang Hamidah.

Sebelumnya, Kapolri Jendral Timur Pradopo telah memberikan kenaikan pangkat ke Badrodin Haiti dari Inspektur Jenderal  menjadi Komisaris Jenderal di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (28/8/2013). Badroedin diangkat sebagai Kepala Baharkam sekaligus menjabat Asisten Operasional (Asop) Mabes Polri.

Atas kenaikan pangkat Badrodin menjadi bintang tiga, berarti menambah jejeran jendral berbintang tiga lainnya untuk menjadi orang nomor satu di korps Bayangkara itu. Sebelumnya, ada 3 calon Kapolri yang dibidik dari kepangkatan Komjend, yakni Komjen Pol Anang Iskandar, Komjen Pol Sutarman, dan Komjen Pol Budi Gunawan.

Sedangkan di kepangkatan Irjen atau bintang dua yang direkomendasikan untuk masuk bursa Kapolri adalah Irjen Pol Pudji Hartanto, Irjen Pol Arif Wachjunadi, Irjen Pol Putu Bayu Seno, Irjen Pol Anas Yusuf, Irjen Pol Anton Setiadi, dan Irjen Pol Saud Usman Nasution. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini