Sukses

Distribusi Logistik, KPU Jatim Sewa Helikopter

KPU Jawa Timur juga harus mendistribusikan logistik pemilu ke daerah pelosok di Jawa Timur.

KPU Jawa Timur juga harus mendistribusikan logistik pemilu ke daerah pelosok di Jawa Timur. KPU Jatim pun memutuskan menggunakan jasa helikopter.

"Kemarin sempat menyewa helikopter untuk mengantarkan logistik ke Pulau Bawean," kata Ketua KPU Jawa Timur Andry Dewanto Ahmad saat dihubungi, Rabu (28/8/2013).

Keputusan itu diambil karena jika menggunakan jalur laut, kapal tidak akan sanggup sampai ke Pulau Bawean. Sebab, ombak saat itu sedang tinggi. "Ombaknya cukup tinggi. Jadi kami putuskan untuk menggunakan helikopter," lanjutnya.

Biaya yang dikeluarkan KPU Jawa Timur pun tak sedikit. Untuk sekali mengantar, KPU harus merogoh kocek hingga Rp 60 juta. "Itu mahal lho, satu kali jalan itu Rp 60 juta," ucapnya.

Selain itu, KPU Jatim juga meminta bantuan TNI untuk mengirimkan logistik ke Pulau Masalembu. KPU menggunakan pesawat Puma milik TNI AU untuk mengantar logistik.

"Dari Sumenep ke Pulau Masalembu, kami pakai pesawat Puma milik TNI AU untuk mengantar logistik. Kemarin satu kali dan hari ini satu kali," terang Andry.

KPU Jatim terdiri dari 4 pasang kandidat. Mereka yakni Soekarwo-Saifullah Yusuf, Eggi Sudjana-Muhammad Sihat, Bambang DH-Said Abdullah, dan Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja.

Keempat pasangan calon akan memperebutkan 30 juta lebih pemilih di Jawa Timur di lebih dari 71 ribu TPS dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Pemungutan suara akan berlangsung pada 29 Agustus 2013. (Frd/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.