Sukses

[VIDEO] 4 Pasangan Bertarung di Pikada Jatim Lusa

Soekarwo-Syaefullah (Karsa), Egi-Sihat, Bambang-Said, dan Khofifah-Herman, bertarung di Pilkada Jawa Timur, 29 Agustus 2013 lusa.

2 Hari lagi, 4 pasangan calon gubernur akan bertarung di Pilkada Jawa Timur. Liputan 6 SCTV juga akan melakukan hitung cepat atau quick count untuk mengetahui sosok yang akan menjadi orang nomer satu di Jawa Timur. Berikut 4 profil Calon Gubernur Jawa Timur.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Selasa (27/8/2013), calon di nomer urut 1 adalah pasangan petahana Soekarwo atau Pak Dhe Karwo berpasangan dengan Syaefullah Yusuf. Sedikitnya 27 partai, seperti Partai Demokrat, Gerindra, PPP, Golkar, PAN dan PKS kompak mendukung pasangan Soekarwo-Syaifullah atau Karsa. Ia juga dikenal sebagai birokrat dan pegawai negeri sipil hingga jabatan terakhirnya sebagai Sekda Provinsi Jatim pada 2008 lalu.

Calon nomer urut 2, Eggi Sujana berpasangan dengan Muhammad Sihat dari jalur independen. Eggi dikenal sebagai aktivis dan pengacara. Dan terakhir, Eggi juga dikenal menjadi pengacara Aceng Fikri, Bupati Garut yang lengser karena kasus melanggar kode etik dalam kasus nikah siri.

Di nomer urut 3 adalah Bambang DH yang sebelumnya adalah Wakil Walikota Surabaya. Bambang sebelumnya juga menjabat sebagai Walikota Surabaya selama 2 periode. Bambang diusung PDI Perjuangan berpasangan dengan Said Abdulah. Bambang dikenal sebagai walikota visioner dengan program drainase kota secara masif, menata kota dan kebijakan populis lainnya. Kini ia mengusung program desa semar, satu desa setengah miliar.

Di urutan ke-4 adalah Khofifah Indar Parawansa yang berpasangan dengan Herman S Sumawiredja, mantan Kapolda Jawa Timur. Sebelumnya pasangan itu sempat tercoret. Namun, berkat keberaniannya Khofifah akhirnya disahkan kembali oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) pada 3 Juli 2013 lalu.

Jiwa berani dan pantang menyerah dalam diri Khofifah, ibu empat anak itu, sudah terlihat sejak masih kuliah di Unair hingga menempati beberapa jabatan penting seperti menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan saat pemerintahan Gus Dur.

Khofifah dan 3 calon gubernur lain tentu saja sama-sama berharap agar terpilih gubernur baru, tanpa adanya kecurangan saat Pilkada yang digelar serentak di seluruh Jawa Timur, Kamis 29 Agustus 2013. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.