Sukses

3 Program Utama Panglima TNI Baru Moeldoko

Jenderal TNI Moeldoko kini resmi menjabat Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono.

Jenderal TNI Moeldoko kini resmi menjabat Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono.

Usai pengesahaannya di DPR, Moeldoko mengaku telah memiliki 3 langkah program utama saat menjabat Panglima TNI. Yang pertama ia akan melakukan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi seluruh Prajurit TNI.

"Agenda saya pertama, sudah saya sampaikan, akan perkuat SDM termasuk di dalamnya ada culture-nya," kata Moeldoko di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2013).

Sedangkan yang kedua, lanjut Moeldoko, dirinya akan melanjutkan proses modernisasi alutsista. Yang selama ini sudah ada untuk lebih ditingkatkan lagi.

"Dan ketiga, kebetulan kita akan mengawal tahun politik. Kita harap proses politik berjalan dengan aman, stabil. Serta kita akan menjaga netralitas TNI," tuturnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menjelaskan, untuk pengawalan proses pemilu, kontribusi TNI yang pertama adalah memposisikan dirinya dengan sangat netral. Sedangkan yang kedua, TNI akan memberikan kontribusi positif atas penyelenggaraan pemilihan umum.

"Contohnya mungkin perlu bantuan alat angkut udara dalam rangka mendistribusikan dan seterusnya sesuai dengan Undang-Undang," jelas Moeldoko.

Tak hanya itu, Moeldoko juga akan melanjutkan kebijakan rencana strategi (Renstra) pertahanan ke depan. Seperti yang ada pada saat ini seperti renstra pembangunan kekuatan, dan renstra pembinaan kekuataan yang harus berlanjut terus.

"Di dalam konsolidasi kita akan melihat kekuatan yang kita miliki. Sudah sejauh mana kelemahan yang ada, seperti apa. Semuanya akan kita lihat, pakai analisis SWOT tentunya, baru kita ambil langkah-langkah ke depan," tutup Moeldoko. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.