Sukses

Kepergok Mencuri, Pria Digantung di Dinding 6 Meter

Gara-gara kepergok mencuri di sebuah apartemen, si maling pun digantung penjaga keamanan China di dinding setinggi 6 meter.

Gara-gara kepergok mencuri di sebuah apartemen di China, si maling digantung penjaga keamanan. Tidak tanggung-tanggung, maling itu digantung di dinding setinggi 6 meter. Hukuman gantung dijalani selama 5 jam.

Laman Daily Mail, Selasa (27/8/2013) mewartakan, pencuri itu digantung di jalanan sibuk oleh penjaga keamanan. Kepala Tim Keamanan Li Jian dan dua pengawalnya menangkap basah si pencuri yang sedang memanjat keluar dari sebuah blok apartemen di Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Menurut pemberitaan media lokal, petugas keamanan menangkap si pencuri bersama barang bukti berupa iPad, 2 jam tangan, 2 ponsel dan laptop. Setelah memergoki si pencuri, penjaga mengikat lengan pria berusia 34 tahun itu ke belakang punggung.

Lalu sisa talinya dilingkarkan di bawah lengan dan lehernya. Kemudian pelaku diikat ke tembok dengan tinggi hampir 6 meter. Para penjaga itu lalu menutup mata si pencuri dan memajangnya di sebelah barang-barang curiannya. Di bagian kakinya, tertulis apa yang telah dilakukannya (pencurian).

Polisi akhirnya dipanggil 5 jam kemudian pada Sabtu 24 Agustus 2013, dan petugas keamanan apartemen itu pun diinvestigasi. "Tidak peduli apa yang dia lakukan, orang-orang tidak bisa menggelar gantung publik," kata seorang juru bicara polisi.

Meski dianggap bersalah oleh polisi, namun para penjaga itu mengatakan pencuri yang digantung itu tidak berada dalam keadaan bahaya.

"Selama dia digantung, benar-benar berada dalam keadaan aman. Dia awalnya punya pilihan hukuman, oleh kami (penjaga keamanan) atau ke polisi. Dan dia memilih kita," tambah mereka.

Tindakan mereka didukung oleh seorang manajer properti di blok yang mengatakan agar pencuri tak melarikan diri dan membantu menghentikan kritikan warga setelah terjadi serangkaian pembobolan. Seorang warga mengatakan mereka setuju dengan hukuman yang dilakukan para penjaga apartemen.

"Ini sebagai pelajaran dan berfungsi sebagai peringatan bagi pencuri lain yang berpikir untuk merampok dari sini," ujar salah satu penghuni. Sementara yang lainnya mengatakan pria itu tak pantas diperlakukan seperti itu. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini