Sukses

[VIDEO] Undian Pemondokan Haji dan Ancaman Virus Korona

Telah terjadi 61 kasus virus corona dan 34 orang di antaranya meninggal dunia.

Tidak lama lagi, ribuan jemaah haji asal Indonesia bersama jutaan jamaah dari negara lain akan datang ke tanah suci Mekah untuk melaksanakan ibadah haji.

Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan pada 10 September 2013 mendatang. Sebanyak 168.800 jemaah haji akan diberangkatkan tahun ini setelah dikurangi 20 persen akibat pengurangan kuota haji oleh pemerintah Arab Saudi.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (27/8/2013), menjelang pelaksanaan ibadah haji, Kementerian Agama melakukan pengundian pemondokan bagi para jemaah di kantor kementerian, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Pada tahun ini, Dirjen Penyelenggaraaan Haji dan Umroh menegaskan jarak pemondokan haji tahun ini tidak lebih dari 2,5 kilometer dari Masjidil Haram atau sama seperti tahun lalu.

Selain pengundian pemondokan haji, akan dibahas pula soal kesiapan penyelenggaraan haji lain mulai dari transportasi, katering dan adanya ancaman virus corona yang tengah menyerang kawasan Timur Tengah. Virus ini menyebabkan gangguan pernapasan, demam dan batuk pada penderitanya.

Karena itu, para jemaah direkomendasikan untuk selalu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta cuci tangan memakai sabun. Jemaah haji juga wajib mendapatkan vaksinasi meningitis sebelum melakukan perjalanan ke Arab Saudi.

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO) sampai Juni 2013, telah terjadi 61 kasus virus corona dan 34 orang di antaranya meninggal dunia. (Riz/Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.